Prinsip
Pembuatan Buku panduan
A. Prinsip
relevansi
Prinsip relevansi
secara internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen
kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara
eksternal bahwa komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu
pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi
peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan
masyarakat (relevansi sosilogis). (SUDRAJAT, 2008)
Prinsip relevansi merupakan prinsip dasar yang paling dasar
dalam sebuah kurikulum. prinsip ini tidak terpenuhi dalam sebuah kurikulum,
maka kurikulum tersebut tidak ada lagi artinya kurikulum menjadi tidak
bermakna. Prinsip relevansi mengandung arti bahwa kurikulum harus relevan
dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sehingga para siswa
mempelajari benar – benar terbaru yang memungkinkan mereka memiliki wawasan dan
pemikiran yang sejalan dengan perkembangan jaman. (Winarni)
Prinsip
Relevansi/kesesuaian, Prinsip Relevansi ada dua jenis, yaitu Relevansi
Eksternal dan Relevasi
Internal. Relevasi Eksternal artinya bahwa kurikulum harus sesuai dengan
tuntutan dan kebutuhan masyarakat baik
pada masa kini maupun masa yang akan datang. Relevasi Internal yaitu kesesuaian
antara komponen kurikulum itu sendiri (Rudi)
B. Prinsip
konsistensi
Prinsip Konsistensi
memberi arahan bahwa dalam pengembangan silabus terjadi hubungan yang konsisten
antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber
belajar, dan instrumen penilaian bersifat searah dala rangka pencapaian standar
kompetensi. (Alfindasari)
C. Prinsip
kecukupan
Prinsip kecukupan
artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa
menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit,
dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu
mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. (Tindaon, 2012)
Selengkapnya tentang artikel ini Klik Di sini
Selengkapnya tentang artikel ini Klik Di sini
SUMBER PUSTAKA
Alfindasari, D. (n.d.). Pengertian dan Prinsip-Prinsip Pengembangan
Silabus. Retrieved from Eureka Pendidikan:
http://www.eurekapendidikan.com/2015/06/pengertian-dan-prinsip-prinsip.html
Rudi, D. (n.d.). Jurusan Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan. Retrieved from Prinsip pengenbangan kurikulum:
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/196610191991021-RUDI_SUSILANA/KP3-PRINSIP_PENGKUR.pdf
SUDRAJAT, A. (2008, januari 31). Prinsip Pengembangan
Kurikulum. Retrieved from Tentang Pendidikan:
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/
Tindaon, Y. A. (2012, April Senin). Prinsip-prinsip
dalam Memilih Bahan Ajar. Retrieved from Bahasa dan Sastra Indonesia:
http://yosiabdiantindaon.blogspot.co.id/2012/04/prinsip-prinsip-dalam-memilih-bahan.html
Winarni, F. (n.d.). PRINSIP, MODEL, dan TAHAP
PENGEMBANGAN KURIKULUM. Retrieved from PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS
AHMAD DAHLAN:
http://pmat.uad.ac.id/prinsip-model-dan-tahap-pengembangan-kurikulum
BIOGRAFI
School : SMK islam 1 Blitar
Motto : If You Can Dream it, You Can Do It (Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )
No comments:
Post a Comment