Thursday 18 August 2016

PRINSIP PEMBUATAN BUKU PANDUAN



Prinsip Pembuatan Buku panduan 

     A. Prinsip relevansi
Prinsip relevansi secara internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi sosilogis).  (SUDRAJAT, 2008)
Prinsip relevansi  merupakan prinsip dasar yang paling dasar dalam sebuah kurikulum. prinsip ini tidak terpenuhi dalam sebuah kurikulum, maka kurikulum tersebut tidak ada lagi artinya kurikulum menjadi tidak bermakna. Prinsip relevansi mengandung arti bahwa kurikulum harus relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sehingga para siswa mempelajari benar – benar terbaru yang memungkinkan mereka memiliki wawasan dan pemikiran yang sejalan dengan perkembangan jaman.  (Winarni)
Prinsip Relevansi/kesesuaian, Prinsip Relevansi ada dua jenis, yaitu Relevansi
Eksternal dan Relevasi Internal. Relevasi Eksternal artinya bahwa kurikulum harus sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan  masyarakat baik pada masa kini maupun masa yang akan datang. Relevasi Internal yaitu kesesuaian antara komponen kurikulum itu sendiri (Rudi)

     B.  Prinsip konsistensi
Prinsip Konsistensi memberi arahan bahwa dalam pengembangan silabus terjadi hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan instrumen penilaian bersifat searah dala rangka pencapaian standar kompetensi.  (Alfindasari)

     C.  Prinsip kecukupan
Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.  (Tindaon, 2012)

Selengkapnya tentang artikel ini Klik Di sini

SUMBER PUSTAKA


Alfindasari, D. (n.d.). Pengertian dan Prinsip-Prinsip Pengembangan Silabus. Retrieved from Eureka Pendidikan: http://www.eurekapendidikan.com/2015/06/pengertian-dan-prinsip-prinsip.html
Rudi, D. (n.d.). Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Retrieved from Prinsip pengenbangan kurikulum: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/196610191991021-RUDI_SUSILANA/KP3-PRINSIP_PENGKUR.pdf
SUDRAJAT, A. (2008, januari 31). Prinsip Pengembangan Kurikulum. Retrieved from Tentang Pendidikan: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/
Tindaon, Y. A. (2012, April Senin). Prinsip-prinsip dalam Memilih Bahan Ajar. Retrieved from Bahasa dan Sastra Indonesia: http://yosiabdiantindaon.blogspot.co.id/2012/04/prinsip-prinsip-dalam-memilih-bahan.html
Winarni, F. (n.d.). PRINSIP, MODEL, dan TAHAP PENGEMBANGAN KURIKULUM. Retrieved from PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN: http://pmat.uad.ac.id/prinsip-model-dan-tahap-pengembangan-kurikulum


BIOGRAFI
 
Name    : Fahmi Ahmad Fauzi
School   : SMK islam 1 Blitar
Motto    : If You Can Dream it, You Can Do It (Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )

No comments:

Post a Comment