Pengemasan Hasil Kerja Proyek
Oleh : Fahmi Ahmad Fauzi
A. Target market
Adalah
merupakan kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen
pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin
menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya maka langkah yang pertama
adalah menghitung dan menilai porensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi
(Sites) (Situmorang, 2008).
B. Ergonomis
Istilah
ergonomi berasal dari bahasa Latin yaitu ergon (kerja) dan nomos (hukum alam)
dan dapat didefinisikan sebagai studi tentang aspek - aspek manusia dalam
lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi,
engineering, manajemen dan desain perancangan.
Tujuan
dari ergonomi ini adalah untuk menciptakan suatu kombinasi yang paling serasi
antara sub sistem peralatan kerja dengan manusia sebagai tenaga kerja
(Institutional)
Ergonomi
adalah ilmu yang memelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang
digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja
dengan baik. Dapat pula dikatakan bahwa aplikasi ilmu ergonomi adalah membentuk
kondisi yang EASNE yaitu efektif, aman, sehat, nyaman dan efisien (manyun, 2007)
C. CIRI KHAS
Keterampilan
yang berdasar pada pengetahuan teoretis: Profesional diasumsikan mempunyai
pengetahuan teoretis yang ekstensif dan memiliki keterampilan yang berdasar
pada pengetahuan tersebut dan bisa diterapkan dalam praktik.
Bertujuan
menghasilkan lingkup (scope) tertentu berupa produk akhir atau hasil kerja
akhir.
Dalam
proses mewujudkan lingkup diatas, ditentukan jumlah biaya, jadwal, serta
kriteria mutu.
Bersifat
sementara dalam arti umurnya dibatasi oleh selesainya tugas. Titik awal dan
akhirditentukan dengan jelas.
non
rutin, tidak berulang-ulang. Macam dan intensitas kegiatan berubah sepanjang
proyek berlangsung. (mutia, 2009)
D. Ukuran
Proyek
merupakan suatu tugas yang perlu dirumuskan untuk mencapai sasaran yang
dinyatakan secara kongkrit serta harus diselesaikan dalam suatu periode
tertentu dengan menggunakan tenaga manusia dan alat-alat yang terbatas dan
begitu kompleks sehingga dibutuhkan pengelolaan dan kerja sama yang berbeda
dari yang biasanya digunakan.
Ada
6 kategori ukuran proyek, yaitu :
1. Trivial Proyek (Proyek Sederhana)
2. Small Proyek (Proyek Kecil)
3. Medium Proyek (Proyek Sedang)
4. Large Proyek (Proyek Besar)
5. Very Large Proyek (Proyek Sangat Besar)
6. Extremely Large Proyek
(fik0m_raL, 2010)
Sesuaikan
ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu
besar atau terlalu kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan
kebutuhan konsumen.
E. Special pack
lakukan
promosi disaat hari atau momen acara besar. Misalnya saat momen hari raya, tak
ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai
penawaran promo yang menarik. (PACKING YANG BAIK , 2013)
selengkapnya tentang artikel di atas klik disini
SUMBER PUSTAKA
fik0m_raL. ( 2010, MEI
SELASA, ). Tugas 2 (Kategori Ukuran Proyek). Retrieved from
Perencanaan Rekayasa Perangkat Lunak:
http://ral-fikom.blogspot.co.id/2010/05/tugas-2-kategori-ukuran-proyek.html
manyun. (2007). Pengertian Unsur Estetika Dan Ergonomis .
Retrieved 2016, from BAHAN BACAAN :
http://www.bahanbacaan.com/2016/05/pengertian-unsur-estetika-dan-ergonomis.html
mutia, s. (2009, November 22). PENGERTIAN ETIKA,
PENGERTIAN PROFESI dan CIRI KHAS PROFESI. Retrieved from Enjoy in my blog
!!:
http://chelamutia.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-etika-pengertian-profesi-dan.html
PACKING YANG BAIK . (2013). Retrieved 2016,
from
http://kelompokpacing.blogspot.co.id/2013/05/packing-yang-baik-kemasan-yanng.html
Sites, G. (n.d.). pemasaran. Retrieved from
pemasaran: https://sites.google.com/site/pemasaranpasar/
BIOGRAFI
Name :Fahmi Ahmad Fauzi
School : SMK islam 1 Blitar
Motto : If You Can Dream it, You Can Do It (Jika
Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )
No comments:
Post a Comment