Wednesday 24 August 2016

Pengemasan Hasil Kerja Proyek

Pengemasan Hasil Kerja Proyek
Oleh : Fahmi Ahmad Fauzi
A. Target market
Adalah merupakan kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya maka langkah yang pertama adalah menghitung dan menilai porensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi (Sites) (Situmorang, 2008).

B. Ergonomis
Istilah ergonomi berasal dari bahasa Latin yaitu ergon (kerja) dan nomos (hukum alam) dan dapat didefinisikan sebagai studi tentang aspek - aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan desain perancangan.
Tujuan dari ergonomi ini adalah untuk menciptakan suatu kombinasi yang paling serasi antara sub sistem peralatan kerja dengan manusia sebagai tenaga kerja (Institutional)
Ergonomi adalah ilmu yang memelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Dapat pula dikatakan bahwa aplikasi ilmu ergonomi adalah membentuk kondisi yang EASNE yaitu efektif, aman, sehat, nyaman dan efisien (manyun, 2007)

C. CIRI KHAS
Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoretis: Profesional diasumsikan mempunyai pengetahuan teoretis yang ekstensif dan memiliki keterampilan yang berdasar pada pengetahuan tersebut dan bisa diterapkan dalam praktik.
Bertujuan menghasilkan lingkup (scope) tertentu berupa produk akhir atau hasil kerja akhir.
Dalam proses mewujudkan lingkup diatas, ditentukan jumlah biaya, jadwal, serta kriteria mutu.
Bersifat sementara dalam arti umurnya dibatasi oleh selesainya tugas. Titik awal dan akhirditentukan dengan jelas.
non rutin, tidak berulang-ulang. Macam dan intensitas kegiatan berubah sepanjang proyek berlangsung.  (mutia, 2009)

D. Ukuran
Proyek merupakan suatu tugas yang perlu dirumuskan untuk mencapai sasaran yang dinyatakan secara kongkrit serta harus diselesaikan dalam suatu periode tertentu dengan menggunakan tenaga manusia dan alat-alat yang terbatas dan begitu kompleks sehingga dibutuhkan pengelolaan dan kerja sama yang berbeda dari yang biasanya digunakan.
Ada 6 kategori ukuran proyek, yaitu :
1.  Trivial Proyek (Proyek Sederhana)
2.   Small Proyek (Proyek Kecil)
3.    Medium Proyek (Proyek Sedang)
4.    Large Proyek (Proyek Besar)
5.    Very Large Proyek (Proyek Sangat Besar)
6.     Extremely Large Proyek
(fik0m_raL, 2010)
Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen.

E. Special pack
lakukan promosi disaat hari atau momen acara besar. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang menarik. (PACKING YANG BAIK , 2013)

selengkapnya tentang artikel di atas klik disini

SUMBER PUSTAKA

fik0m_raL. ( 2010, MEI SELASA, ). Tugas 2 (Kategori Ukuran Proyek). Retrieved from Perencanaan Rekayasa Perangkat Lunak: http://ral-fikom.blogspot.co.id/2010/05/tugas-2-kategori-ukuran-proyek.html
manyun. (2007). Pengertian Unsur Estetika Dan Ergonomis . Retrieved 2016, from BAHAN BACAAN : http://www.bahanbacaan.com/2016/05/pengertian-unsur-estetika-dan-ergonomis.html
mutia, s. (2009, November 22). PENGERTIAN ETIKA, PENGERTIAN PROFESI dan CIRI KHAS PROFESI. Retrieved from Enjoy in my blog !!: http://chelamutia.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-etika-pengertian-profesi-dan.html
PACKING YANG BAIK . (2013). Retrieved 2016, from http://kelompokpacing.blogspot.co.id/2013/05/packing-yang-baik-kemasan-yanng.html
Sites, G. (n.d.). pemasaran. Retrieved from pemasaran: https://sites.google.com/site/pemasaranpasar/

BIOGRAFI
Name :Fahmi Ahmad Fauzi
School : SMK islam 1 Blitar

Motto : If You Can Dream it, You Can Do It (Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )

No comments:

Post a Comment