Monday 22 August 2016

IP Address



IP Address
Oleh : Fahmi Ahmad Fauzi

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. (wikipedia)

Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:

    IP versi 4 (IPv4)
    IP versi 6 (IPv6)

PENGERTIAN IPv4

Ipv4 merupakan sebuah jaringan dengan IPv4 (internet protocol Versi 4). IPv4 adalah merupakan protokol standart yang paling banyak digunakan saat ini. penulisan IPv4 yang umum adalah dengan menggunakan dot-decimal notation, terdiri dari empat bagian angka desimal (disebut juga Octet) yang masing-masing dipisahkan dengan karakter “.” (dot atau titik), contohnya adalah 202.158.29.108. (jaringan, 2011)

PENGERTIAN IPv6

Internet protocol versi 6 atau  IPv6 adalah Internet protocol yang akan menggantikan versi  protokol Internet saat ini, yaitu IPv4 (Internet Protokol Versi 4)  digunakan hampir 2 dekade. Alasan utama upgrading ke Internet Protokol versi 6 adalah karena masalah IP Adress. Menurut InterNIC mereka sudah habis alamat IP di kelas a dan kelas b dan sekarang ke kelas C. Mereka tidak punya  pilihan lain kecuali meng-upgrade internet protokol ke Versi lebih baik dan tujuan konfigurasi IPv6 adalah untuk mengatasi masalah pengalamatan. (admin, 2012)


Fungsi IP Address

Fungsi IP Address adalah sebagai alat identifikasi Host atau antar muka, alamat lokasi pada jaringan komputer yang bersifat unik untuk tiap-tiap komputer dan digunakan juga pada jaringan internet.

Definisi dari IP Adress merupakan deretan bilangan biner di antara 32 bit hingga 128 bit yang dipakai sebagai media untuk mengidentifikasi untuk setiap perangkat komputer yang terhubung pada jaringan komputer (intranet / internet). (Eko, 2015)

MAC Address

MAC Address (Media Access Control address) adalah alamat fisik suatu interface jaringan (seperti ethernet card pada komputer, interface/port pada router, dan node jaringan lain) yang bersifat unik  dan berfungsi sebagai identitas perangkat tersebut . Secara umum MAC Address dibuat dan diberikan oleh pabrik pembuat NIC (Network Interface Card) dan disimpan secara permanen pada ROM (Read Only Memory) perangkat tersebut. MAC address juga biasa disebut Ethernet Hardware Address (EHA), Hardware Addres, atau Physical Address. (Setiawan, 2012)

selengkapnya tentang artikel ini Klik Disini

SUMBER PUSTAKA


admin. (2012, februari 18). IPv6 Adalah ? Pengertian IPv6 dan Apa Kelebihan IPv6. Retrieved agustus 18, 2016, from jaringan komputer.org: http://jaringankomputer.org/ipv6adalah-pengertian-ipv6-danapa-kelebihanipv6/
Eko. (2015, januari 12). Fungsi IP Address. Retrieved agustus 2016, 2016, from FUNGSIKLOPEDIA: http://www.fungsiklopedia.com/fungsi-ip-address/
jaringan, t. k. (2011, January 24). suci cute. Retrieved agustus 16, 2016, from PENGERTIAN IPv4 : http://sucitalentamanurung.blogspot.co.id/2011/01/pengertian-ipv4.html
Setiawan, A. (2012, oktober 10). Pengertian MAC Address. Retrieved agustus 18, 2016, from transiskom: http://www.transiskom.com/2012/10/pengertian-mac-address.html
wikipedia. (n.d.). wikipedia. Retrieved agustus 18, 2016, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP

BIOGRAFI

Name    :Fahmi Ahmad Fauzi
School   : SMK islam 1 Blitar
Motto        : If You Can Dream it, You Can Do It (Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )

No comments:

Post a Comment