Thursday 4 August 2016

KEBUTUHAN PELANGGAN

Kebutuhan Pelanggan
Oleh : Fahmi Ahmad Fauzi

Kebutuhan Pelanggan - Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. (SAYA, 2014)
Manajemen strategi merupakan serangkaian proses pengambilan keputusan strategis, yaitu keputusan yang bersifat jangka panjang, menyeluruh, dan prioritas. (Devinta, 2015)

Memahami Kebutuhan Pelanggan
Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan mereka untuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan Anda. Sebuah cara yang efektif untuk melakukan ini adalah untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan memahami kebutuhan pelanggan. (admin)

Pengertian Pelanggan
Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang. (Cha, 2011)
Secara umum, pengertian pelanggan suatu perusahaan adalah masyarakat dan organisasi pada umumnya yang membutuhkan produk dan jasa dan berpotensi untuk melakukan pembelian.
Selain pengertian di atas, beberapa pengertian mengenai pelanggandapat dirumuskan sebagai berikut:
1.       Pelanggan adalah orang yang paling penting dalam setiap kegiatan usaha(oraganisasi)
2.       Pelanggan adlah orang yang tidak bergantung pada diri kita, tetapi sebaliknya, kitalah yang bergantung padanya.
3.       Pelanggan yang tidak menginterupsi (mengganggu) pekerjaan kita, tetapi malah memberikan usulan bagi perbaikan usaha kita.
4.       Pelanggan datag sebagai sahabat. Maka, tidak pada tempatnya kalau kita menyambutnya dengan tidak pantas atau menyuruhnya menunggu sampai kita tidak sibuk lagi.
5.       Pelanggan adalah bagian terpenting dalam usaha kita, bukan orang luar perusahaan.
6.       Pelanggan adalah orang/lembaga yang melakukan pembelian produk/jasa secara berulang-ulang
7.       Pelanggan adalah orang yang memberi perhatian penuh terhadap produk/jasa yang kita tawarkakn.
8.       Pelanggan bukanlah sekedar uang dalam cash register kita, melainkan manusia dengan perasaan dan kemauan yang haarus kita hormati.
Kalau kita bebicara mengenai pelanggan, maka yang dimaksud dengan pelanggan itiu adalah pelanggan internal dan pelanggan eksternal.
1.       Pelanggan internal adalah orang-orang yang teribat dalam proses produksi barang dan jasa yang dihasilkan suatu perusahaan atau organisasi.
2.       Pelanggan eksternal adalah orang-orang yang berada diluar organisasi suatu perusahaan, yang memerlukan dan menerima barang-barang atau jasa-jasa dari perusahaan.

Faktor lingkungan eksternal
Lingkungan eksternal atau lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain. Lingkungan eksternal itu terbagi menjadi:
1.       Lingkungan ekstern mikro (unsur-unsur tindakan langsung atau lingkungan khusus)
2.       Lingkungan ekstern makro (unsur-unsur tindakan tak langsung atau lingkungan umum)

Komponen-komponen lingkungan eksternal mikro, yaitu:
a.. Para Pesaing (Competitor’s),
b. Pelanggan (Customer)
c.  Pasar tenaga kerja,
d.  Lembaga-lembaga keuangan
e.  Pemasok (suppliers)
Komponen-komponen lingkungan eksternal makro, yaitu ;
a.       Perkembangan Teknologi
b.       Variabel-variabel Ekonomi,
c.       Lingkungan Sosial Kebudayaan,
d.       Variabel-variabel Politik dan Hukum,
e.       Dimensi Internasional
(Oktari, 2011)

SUMBER PUSTAKA

admin. (n.d.). Aku Ingin Sukses. Retrieved from Aku Ingin Sukses: http://www.akuinginsukses.com/kunci-sukses-bisnis-memahami-keinginan-dan-kebutuhan-pelanggan/
Cha, N. (2011, 01). Nur Cha. Retrieved from Nur Cha: http://lutunaaaa.blogspot.co.id/2011/01/identifikasi-kebutuhan-pelanggan.html
Devinta, C. (2015, October). linkedin. Retrieved from linkedin: https://www.linkedin.com/pulse/pentingnya-kajian-lingkungan-eksternal-dan-industri-consulting-group
Oktari, K. E. (2011, November Rabu). FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO DAN MAKRO. Retrieved from khaerunisaekaoktari: http://khaerunisaekaoktari.blogspot.co.id/2011/11/faktor-faktor-lingkungan-eksternal.html
SAYA, S. (2014, 04). SS belajar. Retrieved from SS belajar: http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html

 Selengkapnya tentang artikel ini silahkan di DOWNLOAD

BIOGRAFI

Name    : Fahmi Ahmad Fauzi
School   : SMK islam 1 Blitar
Motto    : If You Can Dream it, You Can Do It ( Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )


No comments:

Post a Comment