Kebutuhan Pelanggan
Oleh : Fahmi Ahmad Fauzi
Kebutuhan Pelanggan - Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran
namun gagal memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi
kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan
tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki
kebutuhan yang tidak mereka sadari. (SAYA, 2014)
Manajemen strategi
merupakan serangkaian proses pengambilan keputusan strategis, yaitu keputusan
yang bersifat jangka panjang, menyeluruh, dan prioritas. (Devinta, 2015)
Memahami Kebutuhan Pelanggan
Pepatah yang mengatakan
bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka
mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan
mereka untuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis
yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan
membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan Anda. Sebuah cara
yang efektif untuk melakukan ini adalah untuk mengetahui apa yang pelanggan
inginkan dan memahami kebutuhan pelanggan. (admin)
Pengertian Pelanggan
Pelanggan adalah orang
atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun
jasa secara berulang – ulang. (Cha, 2011)
Secara umum, pengertian
pelanggan suatu perusahaan adalah masyarakat dan organisasi pada umumnya yang
membutuhkan produk dan jasa dan berpotensi untuk melakukan pembelian.
Selain pengertian di
atas, beberapa pengertian mengenai pelanggandapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Pelanggan adalah orang yang paling
penting dalam setiap kegiatan usaha(oraganisasi)
2. Pelanggan adlah orang yang tidak bergantung
pada diri kita, tetapi sebaliknya, kitalah yang bergantung padanya.
3. Pelanggan yang tidak menginterupsi
(mengganggu) pekerjaan kita, tetapi malah memberikan usulan bagi perbaikan
usaha kita.
4. Pelanggan datag sebagai sahabat. Maka,
tidak pada tempatnya kalau kita menyambutnya dengan tidak pantas atau
menyuruhnya menunggu sampai kita tidak sibuk lagi.
5. Pelanggan adalah bagian terpenting dalam
usaha kita, bukan orang luar perusahaan.
6. Pelanggan adalah orang/lembaga yang
melakukan pembelian produk/jasa secara berulang-ulang
7. Pelanggan adalah orang yang memberi
perhatian penuh terhadap produk/jasa yang kita tawarkakn.
8. Pelanggan bukanlah sekedar uang dalam
cash register kita, melainkan manusia dengan perasaan dan kemauan yang haarus
kita hormati.
Kalau kita bebicara
mengenai pelanggan, maka yang dimaksud dengan pelanggan itiu adalah pelanggan
internal dan pelanggan eksternal.
1. Pelanggan internal adalah orang-orang
yang teribat dalam proses produksi barang dan jasa yang dihasilkan suatu perusahaan
atau organisasi.
2. Pelanggan eksternal adalah orang-orang
yang berada diluar organisasi suatu perusahaan, yang memerlukan dan menerima
barang-barang atau jasa-jasa dari perusahaan.
Faktor lingkungan eksternal
Lingkungan eksternal
atau lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan sumber
dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain. Lingkungan
eksternal itu terbagi menjadi:
1. Lingkungan ekstern mikro (unsur-unsur
tindakan langsung atau lingkungan khusus)
2. Lingkungan ekstern makro (unsur-unsur
tindakan tak langsung atau lingkungan umum)
Komponen-komponen
lingkungan eksternal mikro, yaitu:
a.. Para Pesaing
(Competitor’s),
b. Pelanggan (Customer)
c. Pasar tenaga kerja,
d. Lembaga-lembaga keuangan
e. Pemasok (suppliers)
Komponen-komponen
lingkungan eksternal makro, yaitu ;
a. Perkembangan Teknologi
b. Variabel-variabel Ekonomi,
c. Lingkungan Sosial Kebudayaan,
d. Variabel-variabel Politik dan Hukum,
e. Dimensi Internasional
SUMBER PUSTAKA
admin.
(n.d.). Aku Ingin Sukses. Retrieved from Aku Ingin Sukses:
http://www.akuinginsukses.com/kunci-sukses-bisnis-memahami-keinginan-dan-kebutuhan-pelanggan/
Cha, N. (2011, 01). Nur Cha. Retrieved from Nur Cha:
http://lutunaaaa.blogspot.co.id/2011/01/identifikasi-kebutuhan-pelanggan.html
Devinta, C. (2015, October). linkedin. Retrieved
from linkedin:
https://www.linkedin.com/pulse/pentingnya-kajian-lingkungan-eksternal-dan-industri-consulting-group
Oktari, K. E. (2011, November Rabu). FAKTOR-FAKTOR
LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO DAN MAKRO. Retrieved from khaerunisaekaoktari:
http://khaerunisaekaoktari.blogspot.co.id/2011/11/faktor-faktor-lingkungan-eksternal.html
SAYA, S. (2014, 04). SS belajar. Retrieved from SS
belajar: http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
BIOGRAFI
Name :
Fahmi Ahmad Fauzi
School : SMK islam 1 Blitar
Motto : If You Can Dream it, You Can Do It ( Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat
Melakukannya )
No comments:
Post a Comment