Wednesday 31 August 2016

Pemecahan masalah lapisan transportasi jaringan LAN

Pemecahan masalah lapisan transportasi jaringan LAN
Oleh : Fahmi Ahmad Fauzi




Protokol pengguna datagram (UDP)
UDP ( User Datagram Protocol )adalah transport layer yang tidak andal ( unreliable ), connectionless dan merupakan kebalikan dari transport layer TCP.  (RIAN, 2013) Fungsi UDP memberikan pelanggan sebuah transfer data yang tidak dapat diandalkan di mana ketika proses mengirim  pesan dalam bentuk datagram, dan protokol UDP tidak memberikan jaminan penyampaian pesan tertentu / datagram ke soket (end node) pada sistem penerima.  (ADMIN, 2012)


 







Struktur Data Gram Protokol UDP
delapan (8) byte datagram Pertama berisi informasi header dan byte tersisa berisi data pesan.  datagram header UDP terdiri dari empat (4) bidang dengan masing-masing memiliki ukuran yang sama dengan dua byte:
1.      Nomor port sumber
2.      Nomor port tujuan
3.      ukuran Datagram
4.      Checksum (wikipedia, t.thn.)

Transport protokol kontrol (TCP)
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalahprotokol yang digunakan internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokolini berupa kumpulan protokol.  (Setiawan, 2011) merupakan suatu protokol yang berada di lapisan transpor (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable). (Kimcil)
     Header TCP
Sebuah segmen TCP terdiri atas sebuah header dan segmen data (payload), yang dienkapsulasi dengan menggunakan header IP dari protokol IP. 
Ukuran dari header TCP adalah bervariasi, yang terdiri atas beberapa field yang ditunjukkan dalam gambar dan tabel berikut. Ukuran TCP header paling kecil (ketika tidak ada tambahan opsi TCP) adalah 20 byte.
Format header TCP, dilengkapi dengan ukuran setiapfield-nya (wikipedia, n.d.)

Transport komponen lapisan protokol inti netware (NCP)
Sebagai hasil dari usaha para programmer dari seluruh dunia, Linux tidak akan tercipta tanpa Internet. Jadi tidaklah mengherankan apabila pada tahap awal pengembangan, beberapa orang mulai mengerjakan kemampuan jaringan di Linux. implementasi UUCP di Linux sudah ada sejak awal dan jaringan dengan basis TCP/IP mulai dikerjakan sejak musim gugur 1992, ketika Ross Biro dan yang lainnya mengerjakan sesuatu yang kini disebut dengan Net-1. (yyuniarti4, 2014)

selengkapnya tentang artikel klik disini

 SUMBER PUSTAKA

ADMIN. (2012). Pengertian Protokol UDP Dan Fungsi UDP. Retrieved agustus 10, 2016, from Pengertian Prokol UDP Serta Perbedaan Fungsi UDP dan TCP: http://jaringankomputer.org/protokol-udp-pengertianudp-perbedaan-fungsi-udpdantcp/
Kimcil, P. (n.d.). Penjelasan Tentang TCP dan UDP. Retrieved 2016, from http://id-tuban.blogspot.co.id/2013/09/penjelasan-tentang-tcp-dan-udp.html
RIAN, N. A. (2013). engertian UDP ( User Datagram Protocol ). Retrieved agutus 10, 2016, from http://rian-share4u.blogspot.co.id/2012/09/udp-user-datagram-protocol.html
wikipedia. (n.d.). Struktur Data Gram Protokol UDP. Retrieved from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Transmission_Control_Protocol
yyuniarti4. (2014, februari 12). Retrieved from http://yyuniarti4.blogspot.co.id/2014/12/v-behaviorurldefaultvmlo.html


                                            BIOGRAFI


Name :Fahmi Ahmad Fauzi
School : SMK islam 1 Blitar
Motto : If You Can Dream it, You Can Do It (Jika Kamu   Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )



No comments:

Post a Comment