Thursday 28 July 2016

PENGEMBANGAN IDE PROYEK

PERKEMBANGAN IDE PROYEK 

Oleh Fahmi Ahmad Fauzi



Identifikasi dan formulasi proyek
Mengubah ide-ide anda ke hasil yang dapat diukur ... itulah kami lakukan untuk anda dan bersama anda. Kami mengolah dan menenun ide anda untuk menjadi sebuah rencana proyek yang dapat dikerjakan sesuai dengan strategi dan tujuan pembangunan anda. Kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang tepat antara GMBS dan anda adalah sangat penting untuk hal di atas ini. Sebuah rencana proyek yang didefinisikan dengan baik, termasuk topik seperti latar belakang, dasar pemikiran, metodologi, cara kerja, kerangka waktu, tonggak bersejarah dan anggaran, pada umumnya dapat menarik dana dan mitra baru.
(beny, 2013)

IDENTITAS PROYEK  Nama Nama proyek perubahan yang dilakukan Deskripsi Gambaran singkat mengenai proyek perubahan Sponsor Atasan yang menjadi pengarah dan pendukung proyek perubahan Project Leader Penanggung jawab proyek perubahan Sumberdaya Tim Sumber dukungan dan legitimasi bagi Tim untuk menjalankan proyek perubahan (anggaran, pimpinan, Kpts, dll). (kchsan-fajrin-sy, 2014)
• Penjelasan singkat
• Penjelasan singkat
• Penjelasan singkat

 LATAR BELAKANG Latar belakang perlunya proyek dilakukan. Berangkat dari kondisi eksisting dan kondisi ideal atau normatif yang akan dicapai dan permasalahan yang dihadapi. Identifikasi permasalahan sangat penting untuk menentukan Fokus proyek perubahan.
Formulasi adalah bentuk penyederhanaan situasi nyata menjadi bentuk matematis, formulasi memiliki 5 tahap implementasi sebagai berikut :
Tahap I; Pengumpulan dan Analisis Keterangan Strategis.
Tahap II; Formulasi Strategi. Tim ini pulalah harus memeriksa beberapa masa depan alternatif dan menyeleksinya serta menciptakan profil atau visi strategis yang berfokuskan pada ke sembilan pertanyaan tersebut.
Tahap III; Perencanaan Proyek Induk Strategis.
Tahap IV; Implementasi Strategi.
Tahap V; Pemantauan, Peninjauan dan Pembaharuan Strategi. (Riadi, 2016)
Mind Maping pertama kali dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang Psikolog dari Inggris. Beliau adalah penemu  Mind Map (Peta Pikiran), Ketua Yayasan Otak, pendiri Klub Pakar  dan pencipta konsep Melek Mental. Mind map diaplikasikan di bidang pendidikan, seperti teknik, sekolah, artikel serta menghadapi ujian. (hajatil)
Beberapa manfaat metode pencatatan menggunakan Mind mapping, antara lain:
1.     Tema utama terdefinisi secara sangat jelas karena dinyatakan di tengah.
2.     Level keutamaan informasi teridentifikasi secara lebih baik. Informasi yang memiliki kadar kepentingan lebih diletakkan dengan tema utama.
3.     Hubungan masing-masing informasi secara mudah dapat segera dikenali.
4.     Lebih mudah dipahami dan diingat.
5.     Informasi baru setelahnya dapat segera digabungkan tanpa merusak keseluruhan struktur Mind mapping, sehingga mempermudah proses pengingatan.
6.     Masing-masing Mind mapping sangat unik, sehingga mempermudah proses pengingatan.
7.     Mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci. (GMBS, 2015)


SUMBER PUSTAKA

beny, s. (2013). manajemen proyek . Retrieved agustus 04, 2016, from http://materimanajemenproyekseptianbeni.blogspot.co.id/

GMBS. (2015). Pengembangan Proyek. Retrieved AGUSTUS 04, 2016, from http://www.gmbs.eu/ind/jasa/proyek.html

hajatil. (n.d.). Formulasi Strategi. Retrieved agustus 04, 2016, from https://hajatil.wordpress.com/2011/12/31/formulasi-srategi/

kchsan-fajrin-sy. (2014). Kegiatan Proyek vs Kegiatan Operasional. Retrieved agustus 04, 2016, from Share Kegiatan Proyek vs Kegiatan Operasional: http://dokumen.tips/documents/kegiatan-proyek-vs-kegiatan-operasional.html

Riadi, M. (2016). Pengertian, Manfaat dan Membuat Mind Maping . Retrieved agustus 04, 2016, from http://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-manfaat-dan-membuat-mind.html


Selengkapnya Tentang artikel ini bisa di DOWNLOAD



BIOGRAFI
 Name    : Fahmi Ahmad Fauzi
School   : SMK islam 1 Blitar
Motto    : If You Can Dream it, You Can Do It ( Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )

No comments:

Post a Comment