PANGSA PASAR PROYEK
Aspek pasar adalah inti dari
penyusunan Studi Kelayakan Proyek, karena permintan pasar terhadap produk
merupakan dasar untuk menyediakan produk. Oleh karena itu studi mengenai Aspek
Pasar bertujuan untuk mengetahui besarnya permintaan terhadap produk yang akan
disediakan dan menempatkan produk yang akan dipasarkan pada posisi yang
menguntungkan sehingga proyek bisa dijalankan.
Aspek pasar yang dianalisa meliputi
permintaan pasar terhadap produk yang akan disediakan, analisa tingkat
persaingan dan strategi pesaing dalam memasarkan produknya, sehingga bisa
dirancang produk dan metode pemasaran yang bisa memenangkan persaingan.
Hal yang tak kalah pentingnya adalah
analisa mengenai pangsa pasar yang akan diperoleh dengan mempertimbangkan
tingkat permintaan, penawaran dan program pemasaran yang akan diterapkan.
Untuk melakukan penelitian mengenai
Aspek Pasar perlu dilakukan studi secara informal dan formal. Penelitian secara
informal bisa dilakukan dengan melakukan tes pasar di rencana lokasi proyek.
Tes pasar dilakukan dengan menyebar brosur atau membuat spanduk yang
mengiklankan produk kita. Dari spanduk dan brosur yang disebar dapat diketahui
respon pasar terhadap produk yang akan ditawarkan.
Analisa
Permintaan Pasar Terhadap Perumahan di Lokasi yang akan Dibangun Proyek
Besarnya permintaan perumahan di
lokasi yang akan dibangun proyek dapat diketahui dengan melakukan penelitian.
Penelitian bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan konsultan property.
Memperkirakan
Permintaan Perumahan di Masa yang Akan Datang
Perkiraan terhadap permintaan pasar di
masa yang akan datang dapat dilakukan dengan melihat dan mempelajari kondisi
permintaan pasar hari ini. Khusus di bidang property kondisi makro ekonomi
sangat mempegaruhi pasar, jika kondisi makro ekonomi baik maka akan berpengaruh
terhadap daya beli masyarakat.
Penelitian
Pasar
Penelitian formal dilakukan dengan
mencari data-data penjualan produk sejenis sesuai dengan pangsa pasar yang
dituju. Data-data tersebut bisa diperoleh dari laporan perusahaan sejenis,
laporan pemerintah, asosiasi seperti Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi
Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) dan sumber
lainnya.
Penelitian Aspek Pasar juga bertujuan
untuk mengetahui karakteristik permintaan pasar saat ini. Karakteristik pasar
meliputi pangsa pasar, besarnya permintaan riil saat ini terhadap produk yang
akan disediakan.
Perencanaan
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dirancang
harus meliputi semua faktor yang berhubungan dengan produk, seperti kondisi
pasar pada saat ini, analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treaty) atau analisa mengenai kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman, strategi promosi, strategi perolehan laba dan
pengendalian.
Strategi pemasaran diperlukan untuk
mengetahui cara yang paling cocok untuk memasarkan produk kita. Strategi
pemasaran yang tepat menjamin kesuksesan proyek sesuai dengantimeline proyek yang sudah disusun.
Strategi pemasaran pada dasarnya
tergantung pada segmentasi pasar yang dituju. Produk yang dirancang untuk
kalangan orang-orang kaya seharusnya berbeda cara pemasarannya dengan produk
yang dirancang untuk kalangan menengah ke bawah.
Produk untuk kalangan menengah ke atas
biasanya dilakukan dengan mengadakan pameran di mal-mal di pusat kota,
mengikuti pameran property skala besar dan diikuti dengan penyebaran brosur
eksklusif. Bisa juga dengan undangan gathering di
hotel berbintang untuk kalangan tertentu, mengadakan press
release dan acara yang dapat mengumpulkan massa dari segmen pasar yang
dituju.
Pemasaran dengan metode ini tidak
efektif jika dilakukan untuk produk untuk kalangan menengah ke bawah, terutama
karena besarnya biaya yang dibutuhkan untuk metode pemasaran tersebut.
Secara singkat dapat dibuat bahwa
penelitian mengenai Aspek Pasar menyangkut hal-hal sebagai berikut:
§ Pasar potensial
§ Segmentasi pasar
§ Analisa pesaing
Source : http://asriman.com/pentingnya-aspek-pasar-dalam-penyusunan-studi-kelayakan-proyek-property/
No comments:
Post a Comment