Wednesday, 10 August 2016

TROUBLESHOOTING DATA LINK LAYER LAN


TROUBLESHOOTING DATA LINK LAYER LAN
Oleh Fahmi Ahmad Fauzi



Data Link Layer
Pertama kalinya mungkin ada yang mengira bahwa data link layer merupakan masalah kecil karena tidak ada software yang perlu dipelajari. Namun terkadang rangkaian komunikasi sering membuat kesalahan. Selain itu, rangkaian tersebut hanya memiliki laju data yang terbatas, dan terdapat penundaan (delay) propagasi yang tidak nol antara saat bit dikirimkan dengan saat bit diterima. Keterbatasan ini mempunyai implikasi penting bagi efisiensi pemindahan data. Protokol yang digunakan dalam komunikasi harus memperhatikan semua faktor tersebut. Maksudnya adalah memastikan bahwa pesan-pesan akan dikirim melalui alat yang sesuai menggunakan alamat perangkat keras (hardware address) dan menterjemahkan pesan-pesan dari layer Network menjadi bit-bit untuk dipindahkan oleh layer Physical
Tugas dari protokol link layer adalah memindahkan datagram dari satu node ke node berikutnya melalui individual link dalam bentuk frame. Individual link disini maksudnya link antara node-node tersebut mungkin menggunakan protokol yang berbeda-beda. Misalnya, link pertama adalah ethernet, link berikutnya frame relay dan link terakhir PPP. (Juniarti, 2012)

Mendeteksi Error pada Jaringan LAN
Banyak dari kita yang sudah menggunakan koneksi broadband cepat dan ini cukup penting untuk mengetahui bila ada kesalahan dalam mengirim atau menerima paket data. Jika selalu ada kesalahan dalam pengiriman paket, tetapi tidak dalam menerima data, kemungkinan besar temen2 memiliki kartu jaringan yang buruk.
Berikut ini Caranya :
1. Start — Run — ketik regedit
2.Masuk ke alamat HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEM Current Control Set Control Network Connections Stat Mon (jika folder StatMon tidak ada buat baru dengan mengklik kanan pilih New > Key).
3. Di dalam StatMon key buat DWORD 32bit baru dan beri nama ShowLanErrors dan beri nilai 1 hexadesimal.
4. Restart Komputer dan lihat effectnya di LAN Connection Status (Jaringan t. , 2016)

IEEE Lapisan Mac Address 48 - Bit Adressing
IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) Organisasi non-profit yang mendedikasikan kerja kerasnya demi kemajuan teknologi.
Teknologi Penerbangan
Teknologi Elektronik
Teknologi Biomedical
Dan Teknologi komputer
Organisasi Ini berdiri pada Tahun 1963 yang berangotakan Insinyur . Tahun 1980 bulan Februari
IEEE LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network) Dinamakan 802. 80 menunjukkan tahun dan angka 2 menunjukkan bulan dibentuknya kelompok kerja ini Ethernet--Wireless--Token Ring Karena Luas sekali bidangnya maka dibagi lagi menjadi beberapa bagian lagiDan Penamaanya adalah angka berurutan di belakang 802.
Kalau lebih jelasnya lagi kami menyediakan file dalam bentuk PPT  (Saya, 2015)

Network Bridge
Network Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke jembatan tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya. (Yad, KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER, 2011)

Pengertian switch dan fungsinya serta cara kerjanya
 Apa yang dimaksud dengan switch pada jaringan komputer? Apa fungsinya? Untuk memahaminya baca saja di artikel ini. Switch adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwidth yang cukup besar.

Beberapa fungsi switch
 yaitu sebagai manajemen lalu lintas yang terdapat pada suatu jaringan komputer, switch bertugas bagaimana cara mengirimkan paket data untuk sampai ke tujuan dengan perangkat yang tepat, Switch juga bertugas untuk mencari jalur yang paling baik dan optimal serta memastikan pengiriman paket data yang efisien ketujuannya.  (N, 2015)

Selanjutnya tentang Artikel Klik Di sini

SUMBER PUSTAKA


Jaringan, t. (2016, 7 7). Mendeteksi Error pada Jaringan LAN. Retrieved from Tips-Trik Computer: http://iful29.blogspot.co.id/2012/06/mendeteksi-error-pada-jaringan-lan.html
Juniarti, T. (2012, 3 2). Data Link Layer. Retrieved from DUNIA CYBER-KU...: http://thikajuniarti.blogspot.co.id/2012/03/data-link-layer.html
Mahmudi, A. I. (2015, Agustus 02). Mahmud Uye. Retrieved Agustus 03, 2016, from Deteksi dan Koreksi Kesalahan Data Link Layer : https://mahmudiuye.blogspot.co.id/2015/08/deteksi-dan-koreksi-kesalahan.html
N, S. (2015, 6 7). Pengertian Switch Dan Fungsinya Secara Jelas. Retrieved from PENGERTIAN APAPUN.: http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-switch-dan-fungsinya.html
Saya, M. (2015, 3). IEEE Lapisan Mac Address 48 - Bit Adressing. Retrieved from BERBAGI ILMU PENGETAHUAN.: http://tkjaringan4.blogspot.co.id/2015/03/ieee-lapisan-mac-address-48-bit.html
Yad, A. M. (2011, 10). KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER. Retrieved from Netter Share.: http://netter-share.blogspot.co.id/2011/10/komponen-jaringan-komputer-1.html



BIOGRAFI

Name    : Fahmi Ahmad Fauzi
School   : SMK islam 1 Blitar
Motto    : If You Can Dream it, You Can Do It ( Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )


Monday, 8 August 2016

Pengalamatan Jaringan Hirarkikal



Pengalamatan Jaringan Hirarkikal

Konsep Pengalamatan Jaringan Hirarkikal

Pengalamatan jaringan merupakan suatu metode pengalamatan IP yang bertujuan untuk mengatur alamat suatu komputer yang terhubung dalam jaringan global maupun lokal.
Pengalamatan jaringan juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dalam suatu jaringan atau dalam sebuah jaringan internet. Pengalamatan IP berupa alamat yang terdiri dari 32-bit yang dibagi menjadi 4 oktet yang masing masing berukuran 8-bit. (dunia, 2015)

ada 3 kelompok hierarki dalam pengalamatan IP (ada 5 sebenarnya)

1. Class A : 0.0.0.0           s/d    127.255.255.255
2. Class B : 128.0.0.0       s/d    191.255.255.255
3. Class C : 192.0.0.0       s/d    223.255.255.255
4. Class D : 224.0.0.0      s/d    239.255.255.255
5. Class E : 240.0.0.0       s/d    255.255.255.255 (Rahman, 2010)

Pengalamatan

Pengalamatan IP adalah pengidentifikasian dengan angka yang diberikan setiap mesin di dalam jaringan IP. Pengalamatan IP digunakan untuk menunjukkan lokasi spesifik dari alat di dalam jaringan. Alamat IP adalah alamat software, bukan alamat hardware yang terpatri ke dalam Network Interface Card (NIC) dan digunakan untuk menemukan host pada jaringan lokal. Pengalamatan IP ditujukan untuk memungkinkan host di dalam sebuah jaringan bisa berkomunikasi dengan host pada jaringan yang berbeda, tanpa mempedulikan tipe dari LAN yang digunakan oleh host yang berpartisipasi. (putra, 2015)

Selengkapnya tentang artikel Klik Disini



 

SUMBER PUSTAKA


dunia, k. (2015, 11). kitabertigamulu. Retrieved from Teknik Komputer Jaringan: http://kitabertigamulu.blogspot.co.id/2015/11/konsep-pengalamatan-jaringan.html
putra, l. (2015, 12). koransmkn26. Retrieved from TKJ: http://koransmkn26.blogspot.co.id/2015/12/materi-1-skema-pengalamatan-jaringan-ip.html
Rahman, M. (2010, May 8). Belajar computer network. Retrieved from https://belajarcomputernetwork.com/2010/05/08/skema-hierarki-pengalamatan-ip/


BIOGRAFI
Nama : Fahmi Ahmad Fauzi
Hobby : Playing Game ONLINE or OFFLINE

Thursday, 4 August 2016

PENGERTIAN PENDELEGASIAN DAN TANGGUNG JAWAB

Pendelegasian Tugas dan Tanggung jawab
Oleh Fahmi Ahmad Fauzi

Pengertian Delegasi
Dasar, Pengertian Delegasi Dan Delegasi Wewenang Beserta Contohnya– Delegasi adalah perwakilan atau utusan untuk proses perdamaian dan penunjukan langsung mengirimnya ke salah satu wakil dari kelompok atau lembaga. Delegasi menurut Hukum Perdata adalah penyerahan oleh yang berutang kepada orang lain yang wajib memenuhi re sebelumnya berutang. (planetto, 2010)

Delegasi tak meyebabkan pembaharuan utang, kecuali debitur berutang membebaskan utang obligasi pertama. Sedangkan pengertian hukum konstitusi Delegasi adalah mentransfer hak, tugas atau kewajiban oleh badan pemerintah di bawah tingkat tubuh. (Kurniawan, 2016)

Uraian tugas :
a.       Wewenang garis, adalah kekuasaan, hak dan tanggung jawab langsung berada pada seseorang atas tercapainya tujuan. Ia berwewenang mengambil keputusan dan berkuasa, berhak serta bertanggung jawab langsung untuk merealisasi keputusan tersebut. Disimbolkan dengan garis ( _______ ).(zonakoe, 2011)    
b.      Wewenang staff, adalah kekuasaan dan hak, hanya untuk memeberikan data, informasi dan saran-saran saja untuk membantu lini, supaya bekerja efektif dalam mencapai tujuan. Seseorang yang mempunyai wewenang staf, tidak berhak mengambil keputusan dan merealisasikan keputusan serta tidak bertanggung jawab langsung atas tercapainya tujuan. Tegasnya pemegang wewenang staf hanya merupakan pembantu lini untuk menyediakan data, informasi, dan saran-saran dipakai tidaknya tergantung manajer lini. Disimbolkan dengan garis terputus-putus ( --------- ).
c.       Wewenang fungsional, kekuasaan seorang manajer adalah karena proses-proses, praktek-praktek, kebijakan-kebijakan tertentu atau soal-soal lain yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan oleh pegawai-pegawai lain dalam bagian-bagian lain pula. Disimbolkan dengan garis terputus-putus dan titik-titik ( -●-●-●-●-●-●- ).(pranasetyawan, 2009)

TANGGUNG JAWAB

      Adalah keharusan untuk melakukan semua kewajiban/tugas-tugas yang dibebankan kepadanya sebagai akibat dari wewenang yang diterima atau dimilikinya.
      Tanggung jawab tidak dapat dilimpahkan kepada orang lain. Wewenang diterima maka tanggung jawab harus juga diterima dengan sebaik-baiknya. Inilah sebabnya top manager yang menjadi penangung jawab terakhir mengenai maju/mundurnya suatu perusahaan. (Agus Krisdianto ST, 2008)


Asas Pendelegasian wewenang :
a.       Asas kepercayaan
b.      Asas delegasi atas hasil yang diharapkan
c.       Asas penentuan fungsi atau asas kejelasan tugas
d.      Asas rantai berkala
e.       Asas tingkat wewenang
f.        Asas kesatuan komando
g.       Asas keseimbangan wewenang dan tanggung jawab
h.       Asas pembagian kerja
i.         Asas efisiensi
j.        Asas kemutlakan tanggung jawab . (zonakoe, 2011)(dariyadi)

SUMBER PUSTAKA


dariyadi, m. w. (n.d.). Pengertian Pendelegasian Wewenang dan Tangung jawab . Retrieved 2016, from http://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/8216-pengertian-pendelegasian-wewenang-dan-tangung-jawab.html
Kurniawan, A. (2016, 01 14). gurupendidikan. Retrieved from gurupendidikan: http://www.gurupendidikan.com/dasar-pengertian-delegasi-dan-delegasi-wewenang-beserta-contohnya/
planetto. (2010, 06). planetto. Retrieved from planetto: http://planetto.blogspot.co.id/2010/06/pendelegasian-tugas.html
pranasetyawan, v. (2009). TEKNIK MENDELEGASIKAN TUGAS DAN WEWENANG. Retrieved 2016, from http://valensprana.blogspot.co.id/2009/12/teknik-mendelegasikan-tugas-dan.html
Tomatala, P. D. (1997). Kepemimpinan yang Dinamis. Retrieved 2016, from http://lead.sabda.org/files/pendelegasian.htm
zonakoe, P. (2011). WEWENANG, TANGGUNG JAWAB, DAN PENDELEGASIAN WEWENANG . Retrieved 2016, from ZONAKOE: http://sinikesini.blogspot.co.id/2011/01/wewenang-tanggung-jawab-dan.html

Selengkapnya dengan artikel di atas klik DOWNLOAD 
  

     BIOGRAFI


Name    : Fahmi Ahmad Fauzi
School   : SMK islam 1 Blitar

Motto    : If You Can Dream it, You Can Do It ( Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )

KEBUTUHAN PELANGGAN

Kebutuhan Pelanggan
Oleh : Fahmi Ahmad Fauzi

Kebutuhan Pelanggan - Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. (SAYA, 2014)
Manajemen strategi merupakan serangkaian proses pengambilan keputusan strategis, yaitu keputusan yang bersifat jangka panjang, menyeluruh, dan prioritas. (Devinta, 2015)

Memahami Kebutuhan Pelanggan
Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan mereka untuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan Anda. Sebuah cara yang efektif untuk melakukan ini adalah untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan memahami kebutuhan pelanggan. (admin)

Pengertian Pelanggan
Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang. (Cha, 2011)
Secara umum, pengertian pelanggan suatu perusahaan adalah masyarakat dan organisasi pada umumnya yang membutuhkan produk dan jasa dan berpotensi untuk melakukan pembelian.
Selain pengertian di atas, beberapa pengertian mengenai pelanggandapat dirumuskan sebagai berikut:
1.       Pelanggan adalah orang yang paling penting dalam setiap kegiatan usaha(oraganisasi)
2.       Pelanggan adlah orang yang tidak bergantung pada diri kita, tetapi sebaliknya, kitalah yang bergantung padanya.
3.       Pelanggan yang tidak menginterupsi (mengganggu) pekerjaan kita, tetapi malah memberikan usulan bagi perbaikan usaha kita.
4.       Pelanggan datag sebagai sahabat. Maka, tidak pada tempatnya kalau kita menyambutnya dengan tidak pantas atau menyuruhnya menunggu sampai kita tidak sibuk lagi.
5.       Pelanggan adalah bagian terpenting dalam usaha kita, bukan orang luar perusahaan.
6.       Pelanggan adalah orang/lembaga yang melakukan pembelian produk/jasa secara berulang-ulang
7.       Pelanggan adalah orang yang memberi perhatian penuh terhadap produk/jasa yang kita tawarkakn.
8.       Pelanggan bukanlah sekedar uang dalam cash register kita, melainkan manusia dengan perasaan dan kemauan yang haarus kita hormati.
Kalau kita bebicara mengenai pelanggan, maka yang dimaksud dengan pelanggan itiu adalah pelanggan internal dan pelanggan eksternal.
1.       Pelanggan internal adalah orang-orang yang teribat dalam proses produksi barang dan jasa yang dihasilkan suatu perusahaan atau organisasi.
2.       Pelanggan eksternal adalah orang-orang yang berada diluar organisasi suatu perusahaan, yang memerlukan dan menerima barang-barang atau jasa-jasa dari perusahaan.

Faktor lingkungan eksternal
Lingkungan eksternal atau lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain. Lingkungan eksternal itu terbagi menjadi:
1.       Lingkungan ekstern mikro (unsur-unsur tindakan langsung atau lingkungan khusus)
2.       Lingkungan ekstern makro (unsur-unsur tindakan tak langsung atau lingkungan umum)

Komponen-komponen lingkungan eksternal mikro, yaitu:
a.. Para Pesaing (Competitor’s),
b. Pelanggan (Customer)
c.  Pasar tenaga kerja,
d.  Lembaga-lembaga keuangan
e.  Pemasok (suppliers)
Komponen-komponen lingkungan eksternal makro, yaitu ;
a.       Perkembangan Teknologi
b.       Variabel-variabel Ekonomi,
c.       Lingkungan Sosial Kebudayaan,
d.       Variabel-variabel Politik dan Hukum,
e.       Dimensi Internasional
(Oktari, 2011)

SUMBER PUSTAKA

admin. (n.d.). Aku Ingin Sukses. Retrieved from Aku Ingin Sukses: http://www.akuinginsukses.com/kunci-sukses-bisnis-memahami-keinginan-dan-kebutuhan-pelanggan/
Cha, N. (2011, 01). Nur Cha. Retrieved from Nur Cha: http://lutunaaaa.blogspot.co.id/2011/01/identifikasi-kebutuhan-pelanggan.html
Devinta, C. (2015, October). linkedin. Retrieved from linkedin: https://www.linkedin.com/pulse/pentingnya-kajian-lingkungan-eksternal-dan-industri-consulting-group
Oktari, K. E. (2011, November Rabu). FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO DAN MAKRO. Retrieved from khaerunisaekaoktari: http://khaerunisaekaoktari.blogspot.co.id/2011/11/faktor-faktor-lingkungan-eksternal.html
SAYA, S. (2014, 04). SS belajar. Retrieved from SS belajar: http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html

 Selengkapnya tentang artikel ini silahkan di DOWNLOAD

BIOGRAFI

Name    : Fahmi Ahmad Fauzi
School   : SMK islam 1 Blitar
Motto    : If You Can Dream it, You Can Do It ( Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )


PEMBENTUKAN TIM KERJA

Pembentukan Tim Kerja
                   oleh Fahmi Ahmad Fauzi


Dalam sebuah organisasi, kita mengenal dua peranan yang masing-masing berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.Peran yang pertama kita kenal dengan istilah peranan kepemimpinan mengerjakan hal yang benar, dan yang kedua kita menyebutnya dengan istilah peranan manajemen mengerjakan hal secara benar atau pelaksanaan .(Ihsan, 2009)

Kelompok merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama. Untuk mencapai tujuan tersebut,  diperlukan kerjasama yang baik antara nggotanya. Dalam membangun kerjasama kelompok diperlukan  rasa saling percaya, saling menghargai, keterbukaan, dan saling ketergantungan.(Tamba, 2015)(Azalika)

Bekerja dalam tim yang penuh dengan keterbukaan dan komunikasi yang baik merupakan sebuah kelebihan dan menjadi suatu kepuasan tersendiri apa bila pemikiran kita mampu untuk dicerna dengan baik dalam forum dan bersinergi antara satu dengan yang lainnya.(duniatraining, 2012)

Secara sederhana komunikasi adalah suatu proses menyampaikan informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak yang lain. Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama.(Story, 2011)

Kesuksesan perusahaan yang didasari kemampuan para anggota untuk bekerja sama ditentukan oleh komunikasi yang baik. Oleh karena itu, setiap perusahaan mempunyai kewajiban untuk mengembangkan komunikasi dari berbagai pihak, baik  itua ntara pemimpin, anggota, dan masyarakat di sekitar lingkungan kerja agar dapat membantu mewujudkan kerjasamatim yang baik.

Kesuksesan perusahaan yang didasari kemampuan para anggota untuk bekerja sama ditentukan oleh komunikasi yang baik. Oleh karena itu, setiap perusahaan mempunyai kewajiban untuk mengembangkan komunikasi dari berbagai pihak, baik  itu antara pemimpin, anggota, dan masyarakat di sekitar lingkungan kerja agar dapat membantu mewujudkan kerjasama tim yang baik.

§  Dari pemimpin ke anggota
       Pemimpin tentunya mempunyai tanggung jawab penting dalam membangun komunikasi antar anggotanya. Komunikasi pemimpin akan menentukan terjalinnya suasana interaksi antara para anggota tim. Komunikasi yang baik tidak berlangsung dalam satu arah saja, namun perlu adanya timbal-balik dari bawah ke atas, seperti pemimpin mau mendengarkan, menerima saran, dan mengajak anggota-anggotanya terlibat dalam kegiatan perusahaan diluar dari tugas pokok. Keberhasilansuatu perusahaan tercermin dari suksesnya pemimpin dalam membangun kerjasama antara anggota-anggotanya.

§  Dari anggota ke pemimpin
       Sikap seorang pemimpin yang baik adalah yang mau menerima masukan dari anggotanya. Oleh karena itu anggota dalam menjalin komunikasi terhadap atasannya hendaknya bersifat jujur dan langsung, tidak hanya selalu setuju terhadap keputusan pemimpin. Untuk menjadi pemimpin bukanlah pekerjaan yang mudah, dibutuhkan kerja keras, pengorbanan, tanggung jawab dan sikap mengambil keputusan yang tepat saat terjadi masalah. Oleh karena itu anggota dalam menyampaikan gagasan mereka memberikan sikap hormat sebagai bentuk kesetiaan terhadap pemimpin dan perusahaan.

§  Antara anggota dan anggota lainnya.
       Tim dibentuk agar memperoleh kemudahan dalam meraih keberhasilan perusahaan, maka dari itu setiap anggota tim harus menjalin komunikasi agar membangun kerjasama tim yang baik. Kesuksesan sebuah tim didukung oleh orang-orang yang ada dalamnya, jika salah satu anggota tidak ingin teman lainnya sukses sehingga menghambat terjalinnya komunikasi para anggota, maka tim tersebut akan jauh dari keberhasilan. Oleh karena itu setiap anggota harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab, dalam memberikan informasi khususnya agar terjalin kerjasama guna mencapai keberhasilan bersama.

§  Antara anggota dan masyarakat
      Dalam menjalin kerjasama tim, komunikasi dalam tim tentu bukanlah satu-satunya hal terpenting. Informasi tidak hanya berjalan dalam lingkungan perkantoran saja, namun sebagai perusahaan yang membutuhkan kerjasama dari anggota masyarakat, perlu adanya interaksi sosial. Semua anggota perusahaan baik itu pemimpin atau bawahan wajib berinteraksi dengan orang luar, baik itu pelanggan, rekan bisnis, atau publik lainnya. Dalam menjalin komunikasi dengan orang-orang luar yang bukan merupakan anggota tim, kesatuan dan kerjasama merupakan hal yang menjadi penilaian penting. Jika setiap anggota bekerja sendiri-sendiri, maka komunikasi tidak akan terjalin dengan baik.Namun jika komunikasi dan kesatuan terbentuk dengan baik akan melahirkan kekuatan yang luar biasa dan menjadi penilaian positif dari masyarakat.

       Kesuksesan dan kegagalan suatu perusahaan ditentukan oleh kerjasama tim dalam mengerjakan tugas-tugasnya, namun kerjasama tersebut tidak akan terbentuk jika tidak terjalin komunikasi yang baik dari setiapanggota tim. Jika dalam suatu tim setiap anggotanya tidak saling bertukar informasi positif maka tim tersebut akan mengalami hambatan sehingga dapat berakibat gagalnya dalam mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan komunikasi yang baik untuk menciptakan perubahan yang positif dalam sebuah perusahaan.  (User, 2015)

SUMBER PUSTAKA

Azalika, A. (n.d.). Academia. Retrieved from Academia: http://www.academia.edu/12172848/Dasar-dasar_Perilaku_Kelompok_Dalam_Memahami_Tim_Kerja_Perspektif_Komunikasi

duniatraining. (2012, 01 11). duniatraining. Retrieved from duniatraining: http://duniatraining.com/94/membangun-komunikasi-tim-yang-efektif/

Ihsan, M. (2009, 08). Ruang IHSAN. Retrieved from Ruang IHSAN: http://ruang-ihsan.blogspot.co.id/2009/08/peran-kepemimpinan-dalam-pengambilan.html

Story, n. i. (2011, 10 20). Motivational Story. Retrieved from Motivational Story: https://nehemiapath.wordpress.com/2011/10/20/komunikasi-di-dalam-tim/

Tamba, F. C. (2015, 06). Fanidya Cinthya Tamba. Retrieved from Fanidya Cinthya Tamba: http://fanidyacinthyatamba.blogspot.co.id/2015/06/bekerjasama-dalam-team-kelompok-atau_24.html

User, S. (2015). fgbmfi. Retrieved from fgbmfi: http://fgbmfi.web.id/2013-07-06-04-08-39/artikel/marketplace/2807-pentingnya-komunikasi-dalam-membangun-kerjasama-tim

Selengkapnya tentang artikel ini silakah di DOWNLOAD


 BIOGRAFI :
Name    : Fahmi Ahmad Fauzi
School   : SMK islam 1 Blitar
Motto    : If You Can Dream it, You Can Do It ( Jika Kamu Bisa Memimpikannya, Kamu Juga Dapat Melakukannya )